Monday, September 22, 2014

3 Penyebab Penurunan Penjualan

3 Penyebab Penurunan Penjualan
PELAKU UKM.  Setiap bisnis tentunya diharapkan akan terus mengalami peningkatan penjualan. Meski grafiknya tidak selalu memiliki Jika angka penjualan mengalami penurunan, sebaiknya kita mulai menganalisis dulu, apa yang menjadi penyebabnya. Secara garis besar, penurunan penjualan dipengaruhi oleh 3 hal  :
  • Strategi atau kebijakan perusahaan
Kenaikan harga yang terlalu tinggi, mutu produk yang menurun, berhentinya kegiatan promo, pengurangan dana iklan, dll. Hal ini secara bertahap bisa berakibat pada penurunan penjualan bisnis Anda. Cermatlah dalam menentukan strategi juga kebijakan usaha yang Anda jalankan. Anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu melakukan pencermatan terhadap kebutuhan pasar.

Terkadang kenaikan penjualan yang signifikan berakibat pada keteledoran pelaku usaha dalam menentukan langkah kebijakan usahanya. Jangan terkecoh. Tetap awasi kondisi pasar Anda.
  • Kondisi pasar
Kondisi pasar ini dipengaruhi oleh adanya persaingan yang datang dari kompetitor. Mungkin kompetitor Anda sedang mengadakan program bonus, mengeluarkan produk baru, meningkatkan anggaran iklan besar-besaran. Apapun bentuknya, jelas bahwa perubahan pasar akan berpengaruh pada fluktuasi penjualan Anda, diantaranya adalah penurunan penjualan tentunya.

Anda harus ingat bahwa Anda bukan satu-satunya pelaku usaha di bidang yang tengah Anda jalankan. Pelanggan adalah manusia. Tidak ada yang namanya "pelanggan setia", karena mereka bisa setiap saat "selingkuh" dan beralih pada kompetitor. Faktor perubahan selera konsumen memang sulit ditebak. Anda harus mengasah sensitifitas Anda dalam membaca pasar.

Faktor lainnya yang berkaitan dengan kondisi pasar diantaranya faktor nilai tukar uang, juga adanya publisitas negatif terhadap suatu produk, seperti misalnya isu penggunaan bahan kimia pada bakso, dll.
  • Tenaga pemasar
Tenaga pemasar adalah manusia. Dengan berbagai kondisi yang mereka alami, baik di rumah, lingkungan dan juga situasi kerja, semua itu mempengaruhi motivasi diri mereka.

Lalu bagaimana Anda bisa mengenali penyebab mana yang kira-kira sekarang ini sedang dialami oleh bisnis Anda? Ini cukup mudah. Anda tinggal melakukan analisa sederhana : Jika proses pemasaran tidak mengalami penurunan namun penjualan tetap turun, artiya tidak ada masalah dari pemasaran. Jika tidak ada kebijakan yang berubah, maka mungkin penyebabnya adalah kondisi pasar..

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

No comments:

Post a Comment